Term & Condition BBO


SYARAT DAN KETENTUAN BBO


Syarat & Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian layanan yang ditawarkan oleh PT Bizgital Indonesia Jaya (“Kami” atau “BBO”).

Selamat datang di Aplikasi BBO!

Syarat dan Ketentuan ini dibuat antara Anda selaku pengguna dan PT Bizgital Indonesia Jaya (“BBO”) atas penggunaan program perangkat lunak aplikasi termasuk turunannya (“Aplikasi”) yang dapat diunduh melalui Layanan Apple Store atau Google Play Store (“Apps Store”). Terima kasih Anda telah mengakses situs atau mengunduh, menggunakan layanan Aplikasi BBO. Aplikasi BBO adalah layanan aplikasi penyedia layanan Market Place & E-Wallet yang diterbitkan oleh Kami. Pada saat Anda mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi BBO maka Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap Anda. Dengan melanjutkan mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi BBO, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku setiap kali Anda melakukan transaksi di dalam Aplikasi BBO dengan mitra Aplikasi BBO.


REGISTRASI DAN SECURITY CODE

REGISTRASI
Untuk dapat menjadi pengguna Aplikasi BBO (“Pengguna BBO”), Anda harus melakukan registrasi melalui Aplikasi BBO.
Anda wajib memastikan kebenaran dan keakuratan setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui aplikasi Partner BBO (“Data”).
Registrasi Pengguna BBO melalui Aplikasi BBO diwajibkan untuk memiliki email aktif yang dibuktikan dengan mengklik link verifikasi yang telah dikirim kepada email tersebut.

SECURITY CODE
Saat proses registrasi akun baru, Pengguna BBO diwajibkan membuat Security Code.
Security Code dibuat oleh Pengguna BBO saat melakukan registrasi akun, yang terdiri dari min. 6 (enam) karakter dan 1 (satu) huruf kapital.
Pengguna BBO wajib menjaga kerahasiaan Security Code dan tidak membagikannya kepada siapa pun.

BIAYA LAYANAN
Kami dapat mengenakan biaya dalam rangka penggunaan layanan pada Aplikasi BBO, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pengisian saldo (top-up), pembayaran, transfer, redeem, dan/atau pencairan uang. Keterangan mengenai jumlah biaya yang dikenakan akan kami sediakan melalui media komunikasi, website, dan/atau media lain yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Seluruh Aplikasi BBO dan sistem pendukungnya termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi BBO yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi BBO; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi BBO; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.
Anda tidak diperkenankan dari waktu ke waktu untuk (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi BBO (termasuk sistem pendukung dan layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan / atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang memberikan lisensi hak-nya kepada Kami, (iv) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi BBO, (v) merekayasa ulang atau mengakses Aplikasi BBO dan/atau sistem pendukungnya untuk (a) membangun Aplikasi BBO atau layanan tandingan, (b) membangun Aplikasi BBO dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau (c) menyalin ide, fitur, fungsi atau grafis, (vi) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web crawlers, web robots, web indexers, bots, virus, worm, atau aplikasi lain sejenis dan segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi BBO, (vii) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, "tambang data" (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi BBO dan isi yang terdapat di dalamnya.

BBO PAY
BBO Pay adalah saldo uang elektronik yang terdapat di dalam akun Anda yang dapat Anda gunakan untuk berbagai macam transaksi melalui layanan yang tersedia di Aplikasi BBO.
Pengguna dapat melakukan top-up (atau menambah) saldo BBO Pay melalui media-media top-up resmi yang Kami sediakan dan diinformasikan melalui situs resmi BBO dan/atau media komunikasi lainnya.
Kami tidak bertanggung jawab atas keberhasilan dan/atau kegagalan top-up saldo yang dilakukan melalui media-media top-up, seperti bank, mitra BBO, dan/atau media-media top-up lain selain yang telah Kami sediakan.
Dana top-up akan masuk ke dalam saldo BBO Pay maksimal 1x24 jam hari kerja setelah terjadi kecocokan data dana masuk ke rekening PT Bizgital Indonesia Jaya.

PIN CODE BBO PAY
Saat proses registrasi BBO PAY, Pengguna BBO diwajibkan membuat PIN Code.
PIN Code dibuat oleh Pengguna BBO saat mengakses BBO PAY, yang terdiri dari 6 (enam) digit angka.
Pengguna BBO wajib menjaga kerahasiaan PIN Code dan tidak membagikannya kepada siapa pun.
Kami berhak untuk melakukan blokir sementara atas akun BBO apabila Pengguna BBO memasukkan Security Code yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut - turut.

PENUTUPAN AKUN
Kami berhak untuk menutup akun Anda, di mana untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
Permintaan Anda sendiri selaku pemilik akun, dengan ketentuan Anda telah menyelesaikan segala kewajiban Anda kepada Kami;
Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
Akun atau Transaksi dalam akun Anda dinyatakan fraud (berdasarkan hasil investigasi Kami sendiri dan/atau dengan pihak kepolisian, dan/atau pihak ketiga);
Keputusan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
Tindak lanjut sehubungan dengan blokir atau penonaktifan akun berdasarkan poin di atas.
Penutupan akun di atas dilakukan dengan telah menyelesaikan kewajiban dan biaya yang timbul karenanya.

Jika akun BBO Anda ditutup berdasarkan angka 1 di atas, maka setelah verifikasi dilakukan Kami dapat melakukan tindakan-tindakan penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo BBO Points dan/atau BBO Pay dalam akun Anda. Penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo dalam akun Anda dilakukan berdasarkan pertimbangan kami dan ketentuan yang berlaku, dan juga termasuk namun tidak terbatas untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Kami, pembayaran biaya administrasi penutupan Akun dalam jumlah yang akan ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu atau biaya terutang lainnya (apabila ada) di akun BBO Anda. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu.


KETENTUAN KHUSUS PADA WIDGET ATAU KONTEN KHUSUS DALAM APLIKASI BBO
Dalam hal Anda telah berhasil mengakses widget atau konten khusus yang dijalankan mitra kami sebagaimana di atas, kami tidak memberikan jaminan bahwa pembelian Aplikasi BBO atau layanan akan disetujui oleh Kami atau mitra Kami atau pihak yang bekerjasama dengan mitra Kami, yang memiliki wewenang untuk menerima, melanjutkan, menolak, dan/atau membatalkan permintaan Anda.
Anda diminta untuk mempelajari seluruh ketentuan dan/atau manfaat dari Aplikasi BBO dan/atau layanan yang ditawarkan, Kami, mitra Kami, dan pihak yang bekerjasama dengan mitra Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan pemilihan atau pembelian Aplikasi BBO dan/atau layanan tersebut, yang sepenuhnya disebabkan oleh kelalaian atau ketidaktelitian Anda.
Apabila diperlukan, mitra Kami atau pihak yang bekerjasama dengan mitra Kami dapat menerapkan syarat dan ketentuan khusus yang akan disampaikan kepada Anda, supaya Anda dapat menerima dan/atau melanjutkan Aplikasi BBO atau layanan yang Anda pilih.


HAK MELAKUKAN KOREKSI
Kami berhak untuk melakukan koreksi atas saldo dan/atau transaksi pada akun Anda, apabila menurut catatan Kami telah terjadi transaksi tidak wajar di akun Anda. Koreksi tersebut termasuk atas pertimbangan dan keyakinan Kami yang wajar untuk melakukan penahanan sebagian atau seluruh dan penarikan atas saldo BBO PAY Anda berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penggelapan, penyalahgunaan, dan/atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu untuk melakukan koreksi atas saldo BBO PAY Anda.

KEWAJIBAN, PERNYATAAN DAN JAMINAN
Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi BBO (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) perangkat lunak yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Aplikasi BBO atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.
Anda dilarang untuk menggunakan Aplikasi BBO atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktivitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi) milik pihak manapun; (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Aplikasi BBO dan sistem pendukungnya.
Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi BBO yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami.
Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain. Setiap perintah Transaksi yang dibuat melalui akun BBO Anda dari Aplikasi BBO atau Partner akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda, seperti penggunaan pin dan/atau biometric recognition untuk beberapa smartphone tertentu, dan merupakan perintah Anda untuk melakukan Transaksi. Anda akan menanggung segala kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian Anda dan Kami tidak akan bertanggung jawab atas kelalaian Anda tersebut.
Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda di bawah usia 18 (delapan belas) tahun atau di bawah pengampuan, Anda menjamin bahwa pembukaan Akun BBO telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda yang sah.
Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Aplikasi BBO serta untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan usaha atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan usaha atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini.
Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan rekening ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Kami dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
Aplikasi BBO akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan usaha atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf (c) di atas.
Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, akun BBO, PIN Code dan/atau Security Code, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan akun BBO kepada orang atau pihak manapun;
Dalam atau pada saat menggunakan Aplikasi BBO, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada.
Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi BBO, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.

KETENTUAN ATAS LARANGAN KONTEN
BBO memiliki hak penuh untuk membatasi, akan memoderasi dan memutuskan untuk memposting atau tidak, sejauh konten tersebut termasuk namun tidak terbatas pada (untuk selanjutnya disebut “Larangan Konten”): 
(i) muatan yang melanggar kesusilaan; (ii) muatan yang dilarang secara hukum seperti perjudian, termasuk namun tidak terbatas pada judi online, bingo atau poker, kegiatan mempromosikan penggunaan atau penjualan Aplikasi BBO ilegal atau yang dianggap ilegal secara hukum, seperti narkotika, Aplikasi BBO rokok, amunisi dan/atau senjata tajam; (iii) muatan yang melanggar hak - hak pihak ketiga, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atau hak pribadi atau hak milik lainnya, atau yang bersifat penipuan; (iv) penghinaan, pelecehan, pemerasan, pengancaman, pencemaran nama baik, muatan yang menggambarkan tindakan kekerasan, muatan yang bersifat vulgar seperti kata-kata sumpah serapah atau makian, muatan yang merendahkan dan mengancam pengguna lain; (v) muatan yang tidak relevan dengan tujuan penggunaan Aplikasi BBO; (vi) muatan menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA); dan (vii) muatan lainnya yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. BBO berhak untuk menghapus muatan yang sebagaimana dimaksud dalam Larangan Konten dalam waktu 24 jam setelah diposting oleh Anda, dan BBO tidak bertanggung jawab apabila Anda menerima tuntutan, klaim, atau tuduhan dari pihak ketiga atas penggunaan Anda atas Aplikasi BBO. 

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
Uang elektronik bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang Perbankan sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
Layanan disediakan dalam kondisi “as is ”atau “apa adanya”. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan layanan Aplikasi BBO. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
penggunaan Aplikasi BBO (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
Aplikasi BBO dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik perangkat keras maupun lunak) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi BBO;
penyediaan Aplikasi BBO atau kelancaran bertransaksi atau penggunaan akun BBO akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
setiap data transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam Aplikasi BBO dan sistem penunjangnya adalah akurat atau benar;
kualitas layanan atau Aplikasi BBO akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda; dan
tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Aplikasi BBO dan sistem penunjangnya.
Mengingat bahwa Kami hanya berperan sebagai penyedia platform, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari Layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan Layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Penyedia Layanan.
Anda mengetahui dan setuju bahwa Kami juga berhak untuk memblokir, menonaktifkan , menutup Akun, dan/atau melakukan penurunan status ( downgrade) apabila: a.) Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan Akun atau Rekening dan/atau layanan/fasilitas Pengguna BBO; b.) Pengguna BBO memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada Kami; c.) Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh Pengguna BBO.
Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan
Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau
Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.
Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian tidak langsung dan/atau kerugian immateriil, termasuk setiap biaya, keuntungan (termasuk bunga), kerusakan, dan kerugian dalam jenis atau bentuk apapun, yang Anda atau pihak ketiga lainnya alami, yang terjadi akibat;
kesalahan Partner BBO atau mitra Kami;
kesalahan merchant Kami; dan/atau
kelalaian atau kesalahan pihak ketiga dan/atau Anda.
Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian yang Anda alami secara langsung yang senyatanya dibayar, yaitu yang dapat dibuktikan terjadi akibat kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Jumlah maksimum yang akan Kami tanggung dalam kondisi apapun, yaitu hanya terbatas pada jumlah yang paling rendah antara nilai transaksi yang dimaksud (yang tercatat sesuai di sistem Kami) atau maksimum senilai Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).
Kami tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Kami, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan Kami yang disengaja atau kelalaian Kami.
Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;
pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi BBO yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
Sebagai Pengguna BBO, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi, dan PIN Code yang Anda gunakan untuk login dan mengakses akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.
Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim Anda atas ketentuan “Pembatasan Tanggung Jawab” ini (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).
Apabila ada hal yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan bagian “Pembatasan Tanggung Jawab” ini, Anda dapat menghubungi Kami.


RISIKO PENGGUNAAN
Dengan menggunakan BBO, Anda dianggap telah mengerti atas segala risiko dari penggunaan uang elektronik, seperti pencurian saldo, pengambilalihan akun, dan penipuan. Oleh karena itu, kembali Kami ingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menjaga akun Anda dari segala tindak kejahatan dengan:

Mengetahui bahwa Kami tidak pernah meminta security code maupun PIN Code kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan yang dikirim melalui e-mail ataupun website (situs palsu menduplikasi situs resmi BBO) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan BBO yang meminta Anda untuk memberikan security code dan PIN Code.
Hanya menghubungi Contact Channel atau Layanan Pengguna BBO resmi kami seperti yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk menyampaikan pesan Anda, dan tidak merespon kepada customer support di luar yang disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
Jika terjadi kehilangan akses terhadap akun dan perangkat yang Anda gunakan, untuk langsung menghubungi layanan resmi kami dan melaporkan kejadian yang terjadi.
Hanya melakukan transfer kepada sesama pengguna jika Anda yakin bahwa akun yang ditujukan adalah benar, jika tidak, transfer lebih baik dilakukan melalui akun bank.
Selalu perhatikan situasi di sekitar Anda saat hendak melakukan login dengan memasukkan security code Anda.
Selalu melakukan update untuk aplikasi BBO Anda, sehingga sistem keamanannya selalu terjaga.
Hanya melakukan pengisian saldo (top-up) akun BBO Anda melalui mitra dan/atau agen resmi yang Kami sediakan, termasuk melalui agen bank tertentu maupun pihak ketiga lain yang kami informasikan. Layanan ini mungkin dikenakan biaya tertentu dan berbeda tergantung dari setiap layanannya.


PERLINDUNGAN DAN KERAHASIAAN DATA
Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan dan penyerahan Data yang Anda sampaikan kepada Kami akan dilakukan dengan tunduk kepada Syarat dan Ketentuan ini dan kebijakan privasi yang terdapat di: www.bbo.co.id/kebijakan-privasi yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)
Tidak menutup kemungkinan Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada:
segala gangguan virus komputer;
sistem trojan horses;
komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun;
layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan; dan/atau
bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami.
Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab Keadaan Kahar ini.

HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
salah satu pihak baik Anda atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditAndatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua.
proses mediasi oleh Mediator khusus akan diselesaikan oleh satu arbiter yang ditunjuk berdasarkan Peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang beralamat di gedung Wahana Graha Lantai 2, Jl. Mampang Prapatan Nomor 2 Jakarta Selatan 12760, Republik Indonesia (BANI)
Ketentuan mengenai seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran dalam rangka penyelesaian Perselisihan diputuskan berdasarkan putusan arbitrase yang final dan mengikat;
Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (e) ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri atau di non-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.
Sehubungan dengan kuasa yang tidak ditarik kembali yang Anda berikan kepada Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, kuasa tersebut akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk alasan-alasan yang dimaksud dan diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali dalam hal Anda menutup akun BBO Anda.

MASA BERLAKU DAN PENGAKHIRAN
Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak Anda menjadi Pengguna BBO dan tetap berlaku selama Anda belum melakukan penutupan akun BBO Anda atau Anda memiliki akun BBO yang aktif.
Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.
Anda dengan ini sepakat untuk menyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan
Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.
Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.

HUBUNGI KAMI
Untuk setiap pengaduan terkait dengan Aplikasi BBO dan/atau akun Anda, atau pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini Anda dapat meminta bantuan padamenghubungi Contact Channel atau Layanan Pengguna BBO (dengan menyertakan bukti pendukung), melalui:

  • Telepon: 021 - 7 805 571
  • E-mail: Info@bbo.co.id
  • Pusat Bantuan di Aplikasi BBO
    • Instagram: @bbo.co.id
    • Operasional: PT. Bizgital Indonesia Jaya
      Graha STR Lt. 3, Unit 303, Jl. Ampera Raya No. 11B
      Ragunan Pasar Minggu – Jakarta Selatan 12550

Kami menghimbau Anda untuk segera melaporkan kepada kami melalui kanal-kanal di atas apabila Anda mengalami hal yang tidak biasa dan/atau di luar kewajaran atas Aplikasi BBO Anda untuk segera kami tindak lanjuti.
Selanjutnya, apabila Anda ingin menindaklanjuti tanggapan pertama yang BBO berikan, maka BBO akan menyampaikan hasil penanganan lebih lanjut secara tertulis dalam waktu paling lama 20 (dua puluh) hari kerja sejak pengaduan diterima.
BBO akan menindaklanjuti setiap penerimaan pengaduan Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Apabila terjadi perbedaan saldo pada aplikasi Anda dengan Kami, maka pengaduan akan kami tindak lanjuti sesuai dengan prosedur pengaduan di atas.

PERUBAHAN
Kami berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi dengan diumumkan melalui aplikasi BBO dan/atau situs www.BBO.co.id. Apabila Anda menggunakan layanan Aplikasi BBO secara terus-menerus dan berlanjut setelah perubahan, penambahan dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan merupakan bentuk persetujuan Anda atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut. Apabila Anda tidak setuju atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut, Anda diminta berhenti mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi BBO dan/atau Layanan Kami.

TANGGAL BERLAKU
Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak tanggal 25 November 2020.